Penyebab Serta Tips Cara Mengobati Rambut Rontok

Cara Mengatasi Rambut Rontok - Rambut adalah Mahkota yang menjadi suatu sumber keindahan baik untuk pria maupun wanita. Salah satu penyakit rambut yang paling ditakuti adalah rambut rontok. Gejala ini dapat membuat rambut menjadi semakin menipis jika diabaikan maka dampak yang ditimbulkan yaitu beresiko mengalami kebotakan.

Tips untuk mengobati kehilangan rambut secara alami adalah dengan beberapa bahan-bahan alami yang telah terbukti efektif. Setiap orang harus ingin memiliki rambut yang tebal dan sehat. Tetapi hasil dari aktivitas harian untuk membuat kebanyakan orang mengalami masalah kesehatan di rambutnya. 

Mengatasi Rambut Rontok

Penyebab rambut rontok sendiri biasanya karena stres, konsumsi obat-obatan, pola makan yang buruk, polusi, nutrisi pada akar rambut yang kurang terpenuhi sehingga rambut menjadi rapuh dan gampang rontok. Pemakaian pemanas rambut juga dapat melemahkan protein rambut, sehingga mudah lepas dari akarnya. sehingga diperlukan perawatan rambut yang baik dan sehat. Nah dibawah ini admin akan memberikan tips cara mencegah dan mengatasi rambut rontok.

Penyebab kerontokan rambut pada wanita:

Siklus pertumbuhan rambut tak seimbang

Rambut tumbuh sekitar setengah inchi perbulan. Setiap rambut tumbuh dengan fase berbeda yang berlangsung antara 2-6 tahun. Fase ini termasuk periode tumbuh dan istirahat sebelum rontok dan folikel rambut menumbuhkan untaian rambut baru.

Tetapi ada sebagian wanita yang memiliki faktor genetik sehingga mereka lebih rentan mengalami kerontokan rambut akibat proses pertumbuhan rambut tidak normal. Gangguan ini disebabkan karena hormon androgen.

Kurang gizi

Diet terlalu ketat juga akan menyebabkan kerontokan rambut. Sayangnya mengembalikan pola makan menjadi sehat kembali tak cukup untuk menumbuhkan rambut, meski kerontokannya bisa dihentikan.

Infeksi

Beberapa jenis infeksi, misalnya infeksi jamur di kulit kepala, juga akan menyebabkan kerontokan rambut pada anak-anak. Dengan obat antijamur kerontokan bisa dihentikan.

Kehamilan dan persalinan

Banyak wanita yang mengalami kerontokan rambut sementara sekitar 3 bulan setelah melahirkan. Kondisi ini disebut juga dengan telogen effluvium. Rambut akan kembali ke kondisi normal beberapa bulan setelahnya.

Obat-obatan

Beberapa jenis obat memiliki efek samping merontokkan rambut. Namun kondisi tersebut akan berakhir setelah pengobatan dihentikan. Jenis obat yang bisa menyebabkan kerontokan rambut antara lain pengencer darah, obat asam urat, obat kemoterapi, terlalu banyak vitamin A, kontrasepsi, dan obat antidepresan.

Menopause

Dari beberapa gejala menopause, kerontokan rambut adalah gejala yang paling sering dialami. (health.kompas.com)

Gangguan hormonal

Jika tiroid Anda sangat aktif atau tidak aktif, rambut akan terkena dampaknya. Biasanya kerontokan rambut akan berhenti setalah gangguan tiroid teratasi. Rambut juga akan rontok jika terjadi gangguan hormon androgen dan estrogen.

Gangguan emosional

Sebagian wanita mengalami kerontokan rambut saat menghadapi situasi traumatik atau emosional. Misalnya kematian anggota keluarga, perceraian, atau merawat keluarga yang sakit parah.

Penyakit autoimun

Diantara penyakit lain, lupus atau diabetes merupakan penyebab kerontokan rambut pada wanita. Kerontokan rambut juga bisa menjadi gejala adanya penyakit.

Penyebab kerontokan rambut pada pria :

Perubahan hormonal

Bagi pria, rambut rontok bisa memburuk akibat perubahan hormonal yang tidak seimbang dengan usia. Dengan usia, seseorang dapat menghasilkan androgen yang berlebihan, yang dapat menyebabkan kebotakan pria.

Gen

Gen kita tidak hanya menentukan bentuk, warna, ketebalan, kerapatan, dan laju pertumbuhan rambut kita, gen juga bisa menentukan bawaan dari kebotakan pada saat lahir atau kelainan struktur rambut yang diwariskan dari orang tua. Karena ini jenis rambut rontok ditentukan oleh gen, sulit untuk menemukan akar penyebab masalah, dan mungkin permanen.

Ras

Beberapa ras memiliki kemungkinan lebih tinggi untuk mendapatkan rambut rontok. Pria Kaukasia lebih rentan dan bahkan dapat mengembangkan bentuk yang sangat parah dari kebotakan pria. Ras berkulit hitam dan orang Asia kurang rentan terhadap kerontokan rambut.

Stres

Stres emosional yang berat dapat menyebabkan rambut rontok, dan memperburuk masalah rambut rontok yang ada. Oleh karena itulah mengapa banyak pemikir dan manajer yang botak karena mereka selalu di bawah tekanan berat dari pekerjaan mereka. Masalah stres yang serius dapat menyebabkan penyakit psikologis seperti depresi. Ini mungkin menyebabkan beberapa orang untuk menarik rambut mereka dan menyebabkan kerusakan rambut. Dan untuk laki-laki, setelah hari yang menegangkan di tempat kerja, akan menikmati merokok dan minum alkohol untuk bersantai. Ini dapat membantu seseorang untuk bersantai dan menghilangkan stres, tetapi juga dapat memperburuk masalah kerontokan rambut. (kesehatan.kompasiana.com)

Usia

Ketika pria mencapai usia pubertas, jumlah folikel rambut mulai menurun dari waktu ke waktu. Pada usia 20 sampai 30, ada sekitar 615 folikel per sentimeter persegi di kulit kepala. Pada usia 30 sampai 50, jumlah folikel jatuh ke 485. Dan di usia 80 tahun, folikel akan turun menjadi 435 per sentimeter persegi. Penipisan rambut dapat dianggap sebagai bagian dari proses penuaan.

Cara Mengatassi Rambut Rontok


Jus Alami

Gosok kulit kepala dengan jus bawang putih, jus bawang merah atau jus jahe. Biarkan semalaman. Bilas rambut hingga bersih pada pagi hari.

Lidah Buaya

Memiliki kandungan vitamin dan mineral, yang berguna untuk menyuburkan dan menebalkan rambut.

Minyak Esensial

Gunakan miyak esensial seperti lavender, basil, jelatang dan lemon.

Teh Hijau

Berfungsi untuk meningkatkan pertumbuhan rambut secara alami dan mencegah kerontokan, karena mengandung antioksidan yang berguna untuk rambut.

Antioksidan

Balurkan dua kantong teh hijau hangat yang telah diseduh pada rambut dan kulit kepala. Tunggu selama satu jam dan bilas. Teh hijau mengandung antioksidan yang dapat mencegah kerontokan dan meningkatkan pertumbuhan rambut.

Daun Seledri

Memiliki beberapa kandungan yang bermanfaat untuk rambut diantaranya kalsium, zat besi, natrium, vitamin A dan B. Seledri mampu menstimulasi pertumbuhan rambut agar lebih sehat, kuat dan berkilau.

Pijat Kepala

Pijatan di kulit kepala dapat merangsang sirkulasi darah dan menjaga folikel rambut tetap aktif. Tambahkan beberapa tetes minyak esensial lavender, almond atau minyak wijen.

Cukup jelas bukan informasi tentang penyebab rambut rontok dan cara mengatasi rambut rontok secara alami tadi, semoga bisa membantu sobat semua yang sedang mengalami masalah kerontokan rambut.

0 Response to "Penyebab Serta Tips Cara Mengobati Rambut Rontok"

Post a Comment

wdcfawqafwef