Cara Mengatasi Insomnia Susah Tidur Agar Tidur Cepat

Cara mengatasi Insomnia - Insomnia adalah gejala kelainan tidur berupa susah untuk tidur atau mempertahankan tidur walaupun ada kesempatan untuk tidur, biasanaya diiuti gejala fungsional saat bangun. Insomnia sering disebabkan gangguan psikologis atau gangguan kesehatan. Insomnia bisa dipicu berbagai hal seperti stres, konsumsi kafein hingga penggunaan peranti elektronik setiap hari.

Untuk memudahkan kita untuk tidur ada beberapa cara salah satunya yang sangat efektif adalah meditasi. Efektif untuk menghilangkan stres. Ada beberapa cara step bay step hingga kita bisa tertidur dengan meditasi. Ada Juga banyak cara lain untuk mengatasi insomnia secara alami. berikut ini tips dan cara mengatasi insomnia :

Mengatasi Insomnia

Cara Mengatasi Insomnia


Olahraga

Kita ketahui bahwa melakukan olahraga adalah cara terbaik untuk hidup sehat. Tetapi, penyakit malas terus menghantui untuk menghindari hal-hal yang baik. Bila anda ingin tidur lebih nyaman maka lakukanlah olahraga yang teratur di pagi hari.

Jangan Tidur di Waktu Siang

Ketika anda tidur siang, maka waktu tidur berkurang dan pada malam hari sulit untuk tidur.

Kurangi Mengkonsumsi Kafein

Kafein bisa mengganggu kesehatan anda, dan juga bisa menggangu tidur, cemas, dan bisa membuat perut terasa sakit. Dan banyak sekali penelitian juga menemukan bahwa orang yang sering mengkosumsi kafein sangat jauh lebih buruk dari orang yang tidak pernah mengkonsumsinya

Baca Buku

Cara yang satu ini dipercaya paling ampuh untuk mengatasi insomnia, alasannya karena otot-otot mata terus bekerja saat membaca buku dan setelah selesai pasti kita akan merasa lelah dengan sendirinya, kemudian otomatis kita akan berbaring dan tidur.

Mandi dengan Air Hangat


Bila air dingin bisa memberikan kesegaran, maka dengan mandi dengan air hangat dapat membuat tubuh lebih relaksasi dan mengurangi rasa tegang dan tentunya merangsang untuk mudah tidur.

Atur Jam Tidur

Jika sebelumnya anda biasa tidur larut malam, maka itu sudah menjadi penyebab insomia. Bila ingin mengembalikan tidur yang normal dan menghilangkan insomnia, maka kembalikanlah posisi waktu tidur yang benar

Hindari Makan dan Minum Menjelang Tidur

Makan terlalu banyak sebelum tidur dapat menyebabkan perut menjadi tidak nyaman karena ibarat tangki itu baru saja diisi bensin. Begitu juga dengan minum, jika terlalu banyak minum maka akan menyebabkan seringnya ke kamar mandi untuk buang air kecil.

Jernikan Pikiran

Saat menjelang tidur, hilangkanlah rasa kegundahan atau pikiran yang sedang anda hadapi. Dan bisa menuangkan pikiran tersebut dengan menulis atau mendengar lagu yang santai.

Matikan Lampu

Saat suana terasa jelas dan terang, maka kemungkinan mata akan sulit untuk terpejam. Tetapi ada juga sebagaian orang yang memiliki masalah jika waktu tidur gelap. Tetapi dapat juga anda mencoba hal ini dengan menggunakan lampu redup atau yang kurang berwarna.

Demikian beberapa cara mengatasi insomnia secara alami yang bisa anda praktekan sendiri dirumah saat ingin tidur. Semoga share admin kali ini berguna dan bermanfaat untuk anda dan juga dapat membuat anda tidur nyeyak dan lelap di malam hari.

wdcfawqafwef