Cara Mengatasi Kulit Kering, Kusam Dan Kasar Pada Wajah

Cara Mengatasi Kulit Kering - Memiliki kulit kering memang tidak menyenangkan, kulit terlihat bersisik apalagi jika digaruk akan muncul warna putih. Kulit adalah bagian tubuh yang paling sensitif. Kulit manusia terdiri dari beberapa lapisan sehingga membentuk kulit. Bagi wanita maupun pria, kesehatan kulit tentunya sangatlah penting. Kulit memang benar-benar harus dijaga secara intensif agar kesehatan kulit kita bisa terjaga.

Kulit yang kering ini biasanya terjadi karena beberapa faktor lingkungan dan juga faktor cuaca. Selain itu, kulit kering juga bisa disebabkan oleh kondisi internal di tubuh seseorang. Lalu bagaimana cara mengatasi kulit kering agar kulit selalu lembab dan tidak kering? Berikut ini admin akan memberikan tips cara mengatasi kulit kering secara alami. Simak langsung aja ya dibawah ini :

Mengatasi Kulit Kering

Cara Mengatasi Kulit Kering


Mengkonsumsi makanan yang baik untuk kesehatan kulit

Makanan yang mengandung vitamin C, vitamin E, asam lemak, beta carotene, magnesium sangat bagus untuk kesehatan kulit kering anda. Karena dengan nutrisi tersebut mampu menjaga kelembaban kulit anda sehingga tidak mudah pecah-pecah meskipun saat musim panas. Makanan yang baik dikonsumsi untuk jenis kulit kering di antaranya mangga, jeruk, jambu, ikan salmon, cokelat dan masih banyak lagi.

Minum air mineral / air putih

Air putih sangat baik bagi kesehatan anda, dan juga bagi kesehatan kulit anda. Karena dalam tubuh manusia  mengandung lebih dari 60% cairan, maka anda harus mencukupi kebutuhan cairan tersebut salah satunya dengan cara minum air putih minimal 8 gelas dalam satu hari. Jika aktivitas anda cukup padat dan mengeluarkan banyak keringat, maka tambahlah porsi menjadi 10-12 gelas sehari. Dengan minum air putih yang cukup maka kulit akan terjaga kelembabannya sehingga tidak mudah kering, pecah-pecah, dan bersisik.

Menggunakan pelembab

Pelembab atau biasa disebut dengan lotion bisa juga digunakan sebagai perawatan kulit kering anda, apalagi di saat anda menjalankan aktivitas di luar ruangan yang langsung berada di bawah terik matahari. Anda cukup mengoleskan pelembab setiap habis mandi dan sebelum keluar ruangan agar kelembaban kulit terjaga.

Jangan terlalu sering berada di ruangan ber-AC

Ruangan ber-AC memang sangat sejuk dan tidak panas tetapi berdampak kurang baik bagi jenis kulit kering. Kulit akan mudah kering saat berada di ruangan ber-AC, untuk itu anda sebaiknya menggunakan pelembab untuk melindungi kulit anda dari efek AC tersebut.

Berhentilah Merokok

Merokok memeng dapat menyebabkan berbagai macam penyakit, sepeti paru-paru, jantung dan lainnya. Salah satu yang tidak bagus untuk kulit adalah dapat menyebabkan kulit kering, maka dari sekarang berhentilah merokok secara perlahan sampai tuntas.

Jangan mandi terlalu lama

Mandi dalam waktu yang lama saat musim panas memang menyegarkan sehingga anda betah di kamar mandi. Tetapi jangan salah, mandi terlalu lama saat musim panas tidak baik untuk jenis kulit kering. Mandilah sekadarnya saja dan jangan lama-lama. Akan lebih baik lagi jika anda mandi menggunakan air hangat.

Mengoleskan madu dan minyak zaitun

Madu mengandung antioksidan, antibakteri, vitamin B dan C sehingga sangat baik bagi kesehatan kulit anda, begitu juga untuk jenis kulit kering. Anda bisa mengkonsumsi mada atau dengan cara mengoleskannya ke kulit anda. Minyak zaitu selain baik bagi kesehatan tubuh, bisa juga digunakan sebagai alternatif untuk merawat kulit kering.

Rajin membersihkan kulit

Membersihkan kulit bisa dilakukan dengan pelbagai cara, di antaranya memakai sabun mandi dan pembersih muka yang cocok dengan jenis kulit anda. Bersihkan kulit kering anda dengan masker dari bahan-bahan alami seperti pepaya, yogurt, atau labu.

Kurangi Mandi Air Hangat

Jika anda seorang karyawan kantor, mungkin sudah menjadi kebiasaan mandi menggunakan air hangat setiap pagi hari dan malam hari. Kurangilah kebiasaan ini di pagi hari, karena dapat merusak lemak sebum, yaitu kelenjar lemak yang berfungsi menjaga kelembapan kulit anda. Sedangkan untuk malam hari, mandi air dingi juga tidak bagus untuk tubuh. Maka, usahakan untuk mandi air hangat dengan tempo singkat, cukup 10-15 menit, lalu gunakan hand body cream seusai mandi.

Hidup Sehat dan Hindari Stres

Hidup sehat memang solusi paling mudah, anda dapat memulai dari mengkonsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna, berolahraga, tidur teratur, makan teratur dan jangan lupa untuk menghindari stres.

Tampil percaya diri dengan kulit yang indah dan sehat merupakan keinginan dari setiap orang,untuk itu sebaiknya kita dapat menjaga kulit agar nampak lebih indah. semoga artikel Cara mengatasi kulit kering dapat bermanfaat bagi anda.

0 Response to "Cara Mengatasi Kulit Kering, Kusam Dan Kasar Pada Wajah"

Post a Comment

wdcfawqafwef