Panduan/Cara Budidaya Ikan Lele Yang Benar

Panduan Lengkap Budidaya Ikan Lele - Ikan lele adalah salah satu ikan air tawar, dimana dapat kita temukan di sungai-sungai. Pada tahun 80'an lele kurang digemari oleh masyarakat kita (Indonesia). Tetapi memasuki tahun 90'an lele sedikit demi sedikit masyarakat bisa menerima ikan jenis lele ini. Dan sekarang pada tahun 2010 lele sudah termasuk salah satu jenis ikan konsumsi yang digemari oleh masyarakat. Disamping rasanya yang gurih, ikan lele cukup relatif murah harganya. Ikan lele adalah  ikan yang sebetulnya cukup tahan terhadap penyakit, tidak seperti ikan air tawar yang lainnya. Ikan lele salah satu ikan yang hampir memakan segalanya.


Budidaya Ikan Lele

Untuk Anda yang ingin membudidayakan ikan lele tersebut, berikut ini langka langka yang tepat atau proses budidaya ikan lele yang baik dan benar :

Pengaturan air.

Air merupakan salah satu faktor yang cukup penting dalam budidaya ikan lele ini. Dalam proses pembudidayaan tersebut air yang digunakan harus dipakai secara teratur. Perlu diingat ikan lele merupakan salah satu jenis ikan yang suka hidup dalam keadaan air yang keruh sehingga disini kita jangan terlalu sering mengganti air karena apabila air yang digunakan terlalu bersih akan menganggu pertumbuhan ikan tersebut.

Pemilihan bibit ikan.

Dalam pemilihan bibit ikan lele ini kita harus memperhatikan kualitas dari ikan lele tersebut. Ikan lele tersebut harus benar-benar sehat dan mampu beradaptasi dengan baik pada lingkungan sekitar. Karena banyak orang yang melekukan budidaya ikan lele tapi mereka cenderung kurang memperhatikan kualitas bibit ikan lele sehingga hasil yang diperoleh kurang maksimal.

Pemberian makanan

Kita ketahui bahwa ikan lele ini merupakan ikan yang cukup rakus dalam proses makan. Oleh karena itu, untuk menghindari banyaknya kematian dalam proses budidaya ikan lele ini adalah dengan memberikan makan secara teratur sehari 2X. Hal ini untuk menghindari terlalu banyak makan yang akan menimbulkan tidak sehatnya ikan yang kita pelihara. Selain itu, juga akan menghindarkan proses kanibalisme di dalam komunitas ikan lele tersebut.

Pemberian makanan tambahan atau vitamin.

Hal ini dilakukan agar ikan lele tersebut dapat terhindar dari berbagai penyakit yang ada karena banyak orang yang beranggapan bahwa ikan lele tersebut tidak akan kena penyakit. Padahal inti dari pemberian vitamin/vaksin semdiri agar menjaga tubuh dari ikan lele agar tidak terjadi perbedaan ukuran dalam komunitas ikan lele tersebut sehingga budidaya ikan lele tersebut mendapatkan hasil yang cukup maksimal. Semoga memberi nilai kebermanfaatan.

Semoga dengan mengikuti hal hal di atas budidaya ikan lele yang dimiliki semakin meningkat.

wdcfawqafwef