Kumpulan Puisi Anak SD

Puisi Anak SD - Karya sastra yang dibuat oleh para ahli sastra yang di khususkan untuk anak-anak memberikan suatu nilai moral dan juga edukasi terhadap anak-anak, oleh karena itu kenalkanlah sastra-sastra kepada anak anda sedini mungkin.

Puisi Anak

Dibawah ini ada beberapa karya sastra berupa puisi anak sd. silakan anda simak sendiri puisi tersebut dibawah ini :

Kumpulan Puisi Anak SD


GURUKU
buah karya : Rizal Mustofa

Engkaulah penasehatku
Engkau sangat indah di tatapan mataku
Engkau sangat sabar dalam mengajariku
Engkau mengajariku tiada henti

Kamu adalah yang kusayangi
Jasamu akan kusimpan di dalam hatiku
Namamu akan kuukir di dalam anganku

Engkaulah penyejukku di kalla matahari menyengat
Jasa-jsamu itu sebagai leluhur
Engkau tidak dapat kulupakan
Engkau akan kuingat sepanjang hidupku

Mentari

Hai mentari pagi
Hari ini kau datang tampak cerah sekali
Engkau datang tiap hari
Untuk sumber energi pribumi
Semua orang berlari pagi

Untuk menyehatkan diri
Tanpa kau, hai mentari
Di seluruh bumi ini
Akan mati tiada lagi

Aku ingin sehat

Badan kurus kering kerontang
tak nafsu makan
Bagaikan bunga-bunga kering
yang beterbangan

Pagi hari yang indah
Harus bangun tanpa gundah
Tinggalkan kelana
Memutar badan berolahraga

Minum dan makan membahana
Menggapai tubuh sehat maha sempurna

Sajak Untuk Tidur

Hai kawan waktu sudah beranjak malam
Ayo kita tidur, mata sudah mulai sayu
Sang mata sudah berbisik berkata
pejamkan aku, aku mau tidur teman !

Bersiaplah untuk berlomba esok hari
Pak guru sudah menanti
Ilmu baru pun akan di dapati

Selamat tidur kawan, pejam, pejamlah sang mata.
Besok kita akan bertempur

Meraih Bintang

Tadi malam aku melihat bintang gemilang
Dia begitu terang benderang
Di langit nan-luas
Lalu aku teringat pesan ibu guruku
Raihlah cita-citamu
Setinggi bintang di langit

Aku akan berubah
Teriakku di malam hari
Esok hari, aku tak akan lagi malas bangun pagi
Mandi pagi dan gosok gigi
Aku akan terus belajar dengan gigih
Karena aku ingin meraih bintang dan mimpi

INDONESIA
buah karya : Akbar Yudha Rahmandani

Indonesia adalah negara yang makmur
Negara yang luas dengan budaya
Indonesia adalah negara yang kaya
Pulau terbentang dari Sabang sampai Merauke

Negara Indonesia mempunyai semboyan
Bhinneka Tunggal Ika
Berbeda-beda tetapi tetap satu jua

Indonesia mempunyai rakyat berjuta-juta
Itulah negaraku Indonesia

Cukup itu dulu referensi kumpulan puisi anak sd yang admin berikan kali ini.

wdcfawqafwef